SMKN 1 Gunung Putri Gelar Festival Karier 2023 Selama 2 hari

Gunung Putri, LensaBogor.com – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Gunung Putri, Kabupaten Bogor, menggelar kegiatan perdana diawal tahun yaitu, Festival Karier 2023 dengan tema “percik api karier gemilang” yang dipusatkan di lapangan tiga roda dan aula sekolah.

Kegiatan festival karier yang dimulai pada hari Senin dan Selasa 09-10 Januari 2023 itu, dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Kemudian dilanjutkan dengan opening speech dari ketua panitia festival karier Hafidz Djayalaksana, dilanjutkan oleh Kepala SMKN 1 Gunung Putri Juniartini dan kegiatan dibuka oleh Pengawas Pembina Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 Provinsi Jawa Barat Carlab yang menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan festival karier 2023, dipandu oleh MC Trian Fitriani dan Eman Sulaeman.

Setelah pembukaan acara, dilanjutkan dengan acara penampilan pentas seni marawis dari rohis SMKN 1 Gunung Putri, dan sambutan dukungan dari Ketua Komite SMKN 1 Gunung Putri Dimas A. Saputra yang menyampaikan dukungan sepenuh hati untuk kesuksesan kegiatan festifal karier 2023.

Kepala Sekolah SMKN 1 Gunung Putri, Juniartini menyampaikan, Festival Karier merupakan perwujudan kompetensi lulusan SMK yaitu Bekerja, Melanjutkan studi dan wirausaha.

“Festival Karier 2023 SMKN 1 Gunung Putri menjadi pemantik untuk lulusan SMK matang memilih karier mereka untuk bekerja, melanjutkan studi dan berwirausaha,” ujarnya.

Sementara itu Wakasek Hubinmas SMKN 1 Gunung Putri, Karyadi menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan penuh dari seluruh intansi dan masyarakat hingga kegiatan berjalan sukses.

“Saya berterima kasih kepada pihak sekolah Instansi Pemerintah Daerah, Kampus, Dunia Industri dan Dunia Usaha serta masyarakat umum yang turut mensukseskan pelaksanaan festival karier 2023,” ucapnya.

Untuk diketahui, kegiatan inti meliputi seminar bedah jurusan yang disampaikan oleh alumni SMKN 1 Gunungputri dari PTN yaitu UNJ, Unibraw, PNJ, Unsika, IPB, UIN Bandung, dan UPN Veteran Jakarta. Selanjutnya kegiatan seminar career planning oleh Putri Ria Angelina, lalu ada sharing usaha bisnis digital dengan alumni Hidayanti yang sukses membangun wirausaha sambal bekerja, lalu dilanjutkan dengan seminar Strategi pemasaran digital (pembuatan video iklan) oleh Muhammad Luthfi Ghozali.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor, Asep Mulyana Sudrajat, juga memberikan materi tentang bimbingan teknis mengurus legalitas wirausaha kepada kelas XII yang memilih jalur wirausaha dalam pilihan kariernya. Kegiatan lain dalam festival karier yaitu pelatihan jurnalistik dan pelatihan kehumasan dengan sasaran untuk bapak ibu guru SMKN 1 Gunung Putri.

Festival karier diisi juga oleh kegiatan stand kampus PTS meliputi UHAMKA, Universitas IPWIJA, Universitas Mercu Buana, UIKA Bogor, STT Bandung, `IBI Kesatuan dan LP2TK Gatot Koco, selain itu ada stand dari UMKM kecamatan Gunung Putri dan Market Day dari peserta didik SMKN 1 Gunung Putri.

Kegiatan hari kedua Festival Karier dimulai jam 07.00 wib diawali oleh kegiatan sholat dhuha bersama, dilanjutkan oleh penampilan teater oleh ekskul Kabita, yang disambut meriah oleh seluruh peserta, dan selanjutnya kegiatan inti yaitu seminar ketenagakerjaan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bogor Zaenal Ashari.

Lalu presentasi kegiatan magang ke Jepang oleh PT Jiaec dan LPK Prodigi, presentasi magang ke Jerman oleh Rudi Russel, dan WorkShop Pembuatan CV dan Surat Lamaran Kerja oleh Dody Ari Kurniawan dari PT VIP.

Pada hari kedua diisi oleh stand Job Fair dari PT Alfamart, PT BTPN Syariah, PT Prima Food dan PT Lucky Light Globalindo yang melaksanakan rekrutmen pegawai dari alumni SMKN 1 Gunungputri dan masyarakat umum, yang dihadiri oleh peserta job fair melamar sekitar 900 orang, demikian juga PT Jiaec dan LPK Prodigi juga turut mengisi stand pelayanan untuk siswa dan alumni atau masyarakat yang ingin mendaftar program magang ke Jepang.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik SMKN 1 Gunung Putri sekitar 1317, alumni dan masyarakat sekitar 800 orang dari wilayah Kecamatan Gunung Putri dan sekitarnya.


Post Terkait

Comments