Tuesday 23rd January 2018

Pemkab Muara Enim Belajar Paten ke Siak

Siak, President Pos

Bupati Siak Syamsuar menerima kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan yang berjumlah 15 orang yang diketuai oleh Asisten Ekonomi dan Sumber Daya Alam Ibrahim Zulkifli, bertempat di Ruang Rapat Sri Indrapura Kantor Bupati Siak pada Selasa (6/12). Kedatangan Pemkab Muara Enim tersebut bertujuan untuk belajar terkait dengan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten).

Pada kesempatan ini, juga turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Fauzi Asni, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Syafrilenti, Asisten Administrasi Umum Jamaluddin serta instansi yang terkait.

Diawal sambutannya Asisten Ekonomi dan SDA Kabupaten Muara Enim Ibrahim Zulkifli menyampaikan permohonan maaf dan salam dari Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar tidak bisa hadir karena beliau ada urusan lain.

“Padahal sebelumnya beliau memastikan ikut bersama rombongan, akan tetapi ketika tiket pesawat sudah kami chek-inkan beliau menelfon bahwa tidak bisa ikut karena ada urusan mendadak” ujarnya.

Selain itu, Ibrahim Zulkifli juga mengatakan antosiasi Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar terhadap kegiatan ini, karna kabupaten Muara Enim sendiri sedang menerapkan Program Epaten, oleh karen itu agar Programnya berjalan dengan optimal makanya kami belajar ke Kabupaten Siak.

Senada dengan hal tersebut, Bupati Siak Syamsuar mengatakan, “Pelayanan publik memang sudah ada didalam visi kami yakni mewujudkan pelayanan publik terbaik dilakukan dengan mengimplementasikan standar pelayanan minimal (SPM) bidang pelayanan dasar dan perizinan, serta secara bertahap meningkatkan mutu dan standar pelayanan menjadi pelayanan prima sehingga menjadi yang terbaik di Provinsi Riau.

“Alhamdulilah untuk pelayanan publik, kami telah menjadi yang terbaik di Provinsi Riau bahkan pada tahun 2014 Kabupaten Siak mendapatkan Penghargaan Pelayanan Publik terbaik Nasional. dan Kabupaten Siak juga sudah ditunjuk sebagai Percontohan Pilot Projek Reformasi Birokrasi oleh Pemerintah Pusat,” Kata Syamsuar sambil tersenyum.

Kemudian, untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang tinggalnya jauh dari Pusat Pemerintahan, pada tahun 2012 Pemerintah Kabupaten Siak sudah memberikan Kewenangan Perizinan kepada Pihak-pihak di setiap Kecamatan. Selain badan khusus terkait yang memberikan izin tersebut.

“Dengan adanya Paten ini, alhamdulilah keluhan masyarkat terkait dengan pelayanan sudah bisa dikatakan jarang terdengar. Kalau dulu masyarakat selalu mengeluhkan tempatnya yang jauh dan waktunya yang lama” tutupnya.

Ditambahkan sedikit oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Fauzi Asni kepada rombongan Pemkab Muara Enim bahwa, “Yang pertama dan paling penting itu adalah senyum pak, karena kalau muke kite masam pas ditengok orang mane kan sedap, apolagi kalau kite dah hitam masam pulak” gurau Fauzi Asni sambil tertawa.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa bahasa kita terhadap masyarakat atau orang lain juga penting, karena kalau kita sopan maka orang lain juga akan senang terhadap pelayanan kita. (inf/hms)

No Responses

Tinggalkan Balasan