Tuesday 23rd January 2018

Pemerintah Buka Sosialisasi Internet Sehat Bagi Kaum Hawa

Asahan, President Pos

Kemajuan teknologi informasi dewasa ini tidak bisa terbendung, oleh karena itu perlu penambahan wawasan khususnya bagi kaum Hawa.

Hal itu dikatakan Staf Ahli Harfan Harahap saat mewakili Bupati Asahan membuka acara sosialisasi Internet Sehat Untuk Kaum Wanita, Kamis (12/10) di Hotel Bintang Kisaran Jalan Diponegoro Kisaran.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari segala aspek kehidupan sehari – hari. Teknologi informasi mempermudah komunikasi dan penyebaran informasi yang salah satunya melalui infrastrukur berbasis internet.

Internet memberikan banyak keuntungan dalam kehidupan sehari – hari, kita bisa memanfaatkan internet sebagai sarana pembelajaran interaktif untuk berbagai bidang ilmu, hiburan dan kegiatan positif lainya.

Namun perlu diketahui juga, internet bisa membawa dampak negatif jika kita tidak bisa menyaring informasi yang disabarkan. Media sosial (Medsos) seperti facebook, twitter serta game yang berbasis internet bisa berdampak negatif jika kita jadi kecanduan, demikian sambutan Bupati Asahan yang dibacakan Harfan Harahap.

Kegiatan yang diprakarsai Dinas Kominfo Kabupaten Asahan itu, menghadirkan pemateri Dedi Irawan ST M Eng Plh Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi dari Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara dan Sumatri SH MH dari akademisi STMIK Royal Kisaran, jelas Rahmat Hidayat Siregar, Plf Kadis Kominfo Kabupaten Asahan.(Zl)

Dinas Perikanan Optimis Mampu Serap Anggaran 2017

Asahan, President.pos : Hingga akhir September, Dinas Perikanan Kabupaten Asahan sudah merealisasikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2017 sekitar 41 persen.

Realisasi serapan anggaran APBD TA. 2017 pada dinasnya hingga akhir September sudah mencapai 41 persen lebih dari pagu, dengan sisa waktu yang ada pihaknya yakin akan mampu menyerap total anggaran yang besarnya mencapai Rp.11,4 milyar, kata Oktoni Hariyanto saat dikonfirmasi, Rabu (11/10) di kantornya.

Serapan paling tinggi pada sektor bantuan sampan dan boat, kemudian pada sektor bantuan bibit serta pakan juga. Bantuan kolam beton, terpal dan piber termasuk, “sektor bantuan masih” katanya.

“Selain itu, anggaran yang tersedia digunakan untuk belanja tidak langsung dan belanja pegawai”.

Ketika ditanya apa yang menjadi kendala dalam merealisasikan anggaran, “faktor cuaca sangat mempengaruhi pembuatan sampan, sehingga masih ada kendala dan kami yakin hingga akhirnya akan rampung”, ungkapnya.(Zl)

Dinkes Asahan : Masyarakat diminta Waspadai Influenza

Asahan, President.pos : Masyarakat tidak boleh menganggap ringan influenza atau penyakit saluran pernafasan akut yang disebabkan virus influenza karena bisa menjadi wabah.

Hal itu dikatakan dr Aris Yudhariansyah MM Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, Jumat (6/10). “ Tidak boleh menganggap ringan influenza atau penyakit saluran pernafasan akut yang disebabkan virus influenza karena bisa menjadi wabah “.

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk menjaga kebersihan lingkungan guna menghindari terjangkit virus influenza. Menjaga kebersihan bisa dilakukan dengan cara membersihkan selokan di depan rumah, membersihkan kandang unggas dan menjauhkan kandang unggas dari tempat tinggal.

“ Perlu diketahui juga Indonesia masih menghadapi keadaan endemik yang diduga masih akan muncul sehingga masyarakat harus siap kapan pun kembali penyakit flu burung yang disebabkan oleh virus influenza “.

Selain itu, dr Aris Yudhariansyah MM mengingatkan kepada masyarakat untuk tingkatkan daya imun tubun dengan cara melakukan olahraga secara teratur dan menjaga pola makan serta istrahat yang cukup.(Zl)

 

Harga Cabai Merah Relatif Stabil di Kisaran

Asahan, President Pos

Harga cabai merah relatif stabil di kota Kisaran, kondisi ini disambut baik oleh masyarakat.

Di sejumlah pasar yang ada dikota Kisaran, harga cabai merah rata – rata berkisar Rp.36 ribu per kilogramnya. Di pasar Inpres Jalan harga cabai merah Rp.36 ribu perkilogram, pasar Bhakti Rp.35 ribu perkilogram dan di pasar Kartini harga cabai merah sedikit lebih tinggi Rp.37 ribu perkilogramnya.

J Sidahuruk salah seorang pedagang di pasar Inpres Kisaran saat dikonfirmasi, Jumat waktu lalu mengatakan, sejak sepekan terakhir harga cabai merah relatif stabil dibandingkan sebelumnya. “ jika pun naik, hanya Rp.1000 ke Rp.2000 saja “ ungkap Sidahuruk sambil tersenyum.

Hal senada juga dikatakan, H Tarigan pedagang di pasar Bhakti Kisaran, “ belakangan ini, harga cabai merah tidak perna melonjak tinggi dan cendrung stabil, mungkin dipengaruhi dengan musim panen petani yang hampir bersamaan sehingga pasokan tetap ada “, ujarnya.

Begitu juga dikatakan oleh Saman pedagang cabai merah yang berjualan di pasar Kartini Kisaran, perbedaan harga eceran tergantung dengan agen. “ Jika harga agen tinggi maka pedang akan menjual dengan harga tinggi “.

Terpisah Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan (Kopdag) Kabupaten Asahan Drs H Suprianto SPd saat dikonfirmasi melalui selulernya mengatakan, pihaknya tetap memantau perkembangan harga sejumlah bahan kebutuhan di pasaran.

Kepada pedagang, pihaknya selalu memberikan himbauan agar tidak memainkan harga tanpa memikirkan konsumen, jika harga stabil antara masyarakat dan pedagang sama – sama diuntungkan, “pedagang dihimbau tetap, memperhatikan alat timbang yang digunakan agar konsumen dalam hal ini tidak dirugikan. ( Zl)

 

 

KOKAM Hadiri Apel Akbar Nasional

Asahan, President Pos

Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Asahan hadiri apel akbar Nasional regional Sumatera yang diselenggarakan di Alun – alun kota Lubuk Pakam, Jumat waktu lalu.

Komandan KOKAM Asahan Idham Sadri, mengatakan apel Nasional itu dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Milad ke 52 KOKAM Pemuda Muhammadiyah dan Diksuspimwil.

Apel besar KOKAM region Sumatera akan berlangsung selama dua hari sejak tanggal 6 – 8 Oktober bertempat di Alun – alun kota Lubuk Pakam, jelas Idham sembari mengatakan jika KOKAM Asahan mengikutsertakan 20 anggotanya.

“ Melalui apel besar itu, diharapkan anggota KOKAM kembali semangat dan berjiwa siaga serta menumbuh kembangkan sikap militansi yang kuat terhadap perserikatan Muhammadiyah “.ungkapnya.

Hadir pada acara akbar itu Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan Panglima KOKAM Dahnil Azhar Simanjuntak termasuk pengurus Pemuda Muhammadiyah Asahan diantaranya Sekretaris Fachri Mizan Harsono, Bendahara Bambang M.Si, dan pengurus Izhar Fuadi Lubis. (Zl)

 

 

Asisten I  Menjabat Plh Sekdakab 

Asahan, President Pos

Pasca penahanan Sekda Drs. H S oleh Kejaksaan Ne­geri (Kejari) Asahan atas du­gaan tindak pidana korupsi, Bupati Taufan Gama Sima­tupang menunjuk Asisten I Taufik Zainal Arifin Siregar sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah.

“Untuk mengantisipasi ke­ko­songan pimpinan di ling­kungan Pemkab Asahan, bu­pati menunjuk Pelaksana Harian (Plh) yaitu, Asisten I Taufik ZA Siregar,” ungkap Pelak­sana Tugas (Plt) Kadis Kominfo Rahmat Hidayat Siregar kepada warta­wan, Selasa (10/10).

 Se­belumnya, Senin (9/10) Kejari Asahan menahan Sek­da Drs H S dan juga Sekretaris BKD DP masing-masing sebagai Ketua dan Sekretaris Panitia Penyelenggara Musa­baqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2015.

 Satu tahun lebih, kedua pejabat itu menyandang status tersangka dalam kasus itu, dan baru saat ini setelah dila­kukan pemeriksaan secara me­raton akhirnya Kejari Asa­han di bawah kepemimpinan Robert Hamonangan Hutaga­lung menahan kedua pejabat itu.

Plt Kadis Kominfo me­nyebutkan, penunjukan Tau­fik ZA Siregar sebagai Plh Sekdakab berdasarkan Surat Ke­putusan Bupati Asahan nomor 800/5924 yang ditan­datangani Taufan Gama Sima­tupang.”Bupati menunjuk Plh untuk waktu dekat, dan akan melihat situasi lagi untuk ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt),“ ungkap Rahmat Hidayat.

Dijelaskannya, penunjukan Asisten I sebagai Plh sudah sesuai dengan aturan yang ada, dan Plh ditetapkan untuk waktu yang singkat dan ke­mungkinan nanti akan ditun­juk Pelaksana Tugas (Plt). “Me­lihat situasi bisa jadi dalam waktu dekat ini akan di­tunjuk Plt,“ ungkapnya dan me­ngatakan pihaknya tetap menghargai proses hukum yang akan dijalani oleh Setda­kab Asahan.(Zl)

 

Dinas Perikanan Latih 5 Kecamatan Pengelolaan Ikan Air Tawar

 

Asahan, President Pos

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Dinas Perikanan terus melaksanakan pembinaan dan pelatihan terhadap kelompok masyarakat di 5 Kecamatan dalam menggelola ikan air tawar.
 
Kepala dinas Perikanan Asahan, Oktoni Eryanto, Rabu saat membuka pelatihan di Kecamatan Air Joman mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk memanfatkan keberadaan ikan air tawar sehingga keberadaannya benar-benar dapat dimanfaati dengan maksimal.
 
“ Bila keberadaan ikan air tawar dikelola dengan baik dan benar pasti akan mendatangkan keuntungan yang sangat menjanjikan. Maka itu saya berharap peserta benar-benar mengikuti kegiatan ini secara keseluruhan,” ucap Oktoni kepada peserta.
 
Dari pelatihan tersbeut, Oktoni beraharap kepada ke 5 Kecamatan yang diberikan pelatihan dapat menjadi daerah yang dikenal dengan pengelolaan ikan air tawar sehingga kedepan masyarakat bisa langsung mengetahui daerah penggelola ikan air tawar. 
 
“ Kita harapkan ke 5 daerh ini bisa mewakili Asahan terhadap keberadaan ikan air tawar,” sebut Oktoni, sembari mengatakan pelatihan diikuti 25 peserta setiap Kecamatan.
 
Sementara itu, Camat Air Joman yang diwakili Sekcam, M Nainggolan mengucapkan terimkasih kepada Dinas yang menunjuk Air Joman sebagai penggelolaan ikan air tawar , karena hal ini sangat baik bagi masyarakat Air Joman. “ tentunya dengan pelatihan ini bisa mendapat pengetahuan warga terhadap ikan air tawar serta mudah-mudahan dapat meningkatkan kesejahteraan warga,” ujar Sekcam.
 
Dari pantauan, warga sangat antusias mengikuti pelatihan pengelolaan ikan air tawar, hal ini ditunjukkan dengan kehadiran yang tepat waktu dan selalu mengikuti rangkaian kegiatan secara keseluruhan.
 
Adapun Kecamatan yang mendapat pelatihan yakni Kecamatan Tanjung Balai, Setia Janji, Simpang Empat, Air Joman dan Kecamatan Sei Dadap. Materi yang disampaikan oleh Dinas Perikanan kepada peserta diantaranya memberikan makanan ikan bergizi dan berimbang, pengelolaan ikan air tawar dan lainya.(Zl)

 

 
Serdang, Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

 

Asahan, President Pos

Desa di Kabupaten Asahan kembali ditunjuk sebagai Desa sadar jaminan sosisal ketenagakerjaan. Yakni Desa Serdang Kecamatan Meranti, sebelumnya Desa Subur Kecamatan Air Joman telah dinobatkan.
 
“ Kemarin Desa Serdang resmi menjadi Desa sadar jaminan sosial, “ demikian kata Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kisaran, Moch Faisal, Senin di gedung BPJS setempat.
 
Resminya Desa di Asahan sebagai Desa sadar Jaminan sosial merupakan hal yang luar biasa bagi masyarakat dan tentunya BPJS mengapresiasi kepada masyarakat Desa Serdang yang cukup antusias dalam mengikuti program BPJS. 
 
“ Mereka langsung mendaftarkan diri jadi peserta BPJS ketenagakerjaan,” kata Faisal, sembari menyebutkan semoga hal ini dapat bermanfaat bagi masyarakat.
 
Tambah bagian Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kisaran, Eddy Febry menjelasakan bahwa resminya Desa serdang menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan didasari oleh besarnya potensi yang dimiliki Desa Serdang terutama dari sektor pertanian serta wiraswasta dan lainnya.
 
“Sesuai dengan data yang kami peroleh bahwa Desa Serdang yang bekerja sebagai kelompok tani mencapai 585 orang ditambah dengan masyarakat yang bekerja sektor wiraswasta lainnya mencapai 886 orang” jelas Febry.
 
Resminya Desa Serdang sebagai Desa sadar jaminan sosial dirangkai dengan penyerahan plakat oleh BPJS Ketenagakerjaan serta penadatanganan MoU antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Kepala Desa  Serdang , penyerahan kartu secara simbolis yang langsung disaksikan oleh Camat Meranti, Sofyan Manulang.(Zl)

No Responses

Tinggalkan Balasan